Tips Segar Bugar Selama Masa Puasa

tips-segar-bugar
Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah, dimana kita harus menjaga hati dan pikiran. Pada bulan puasa ini, kita “mengistirahatkan” tubuh dari makanan dan minuman (di siang hari). Namun demikian, penampilan harus tetap prima dan menarik. Untuk menunjang penampilan maksimal Anda, WRP Diet Center memberikan beberapa tips praktis dan efektif untuk tetap segar selama menjalankan puasa.

  1. Tidak perlu mengkonsumsi makanan secara berlebihan
    Berbukalah dengan makanan kecil yang mengandung karbohidrat untuk meningkatkan level gula darah Anda secara bertahap dan menormalkan kerja saluran pencernaan. Salah satu makanan ringan yang direkomendasikan pada saat berbuka adalah kurma yang merupakan sumber gula, serat, potasium, dan magnesium.
  2. Pilih makanan dengan komposisi gizi yang seimbang
    Konsumsi makanan dengan jumlah dan gizi yang tepat pada saat sahur sangat penting karena dapat menjadi cadangan energi sampai saatnya berbuka. Menu makanan untuk sahur dan berbuka sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Hindari makanan yang terlalu pedas, manis, ataupun asam serta minuman yang mengandung kafein untuk meringankan kerja saluran pencernaan dan lambung.
  3. Olahraga untuk menjaga kekuatan dan stamina
    Otot tubuh perlu tetap dilatih supaya dapat berfungsi dengan baik selama masa puasa. Olahraga dapat dilakukan sebelum ataupun sesudah berbuka tergantung tingkat ketahanan tubuh. Jika dilakukan setelah berbuka, lakukanlah minimal 30 menit untuk mengoptimalkan kerja saluran pencernaan. Selain itu, makanan yang dikonsumsi sebaiknya dalam porsi kecil dan mudah dicerna. Olahraga pada saat berpuasa terbukti meningkatkan pembakaran lemak, dan hal ini sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Pilihlah olahraga ringan yang mampu menjaga kebugaran jantung, otot, kelenturan sendi, dan komposisi tubuh seperti jalan, lari santai, yoga, atau pilates.
  4. Beraktivitas secara normal
    Selama berpuasa di siang hari, usahakan Anda tetap beraktivitas seperti biasa. Dengan beraktivitas, tubuh membutuhkan energi, dan karena tidak ada makanan yang masuk, energi tersebut didapat dari simpanan lemak di tubuh kita. Inilah alasan mengapa Anda bisa berdiet selama puasa.

Jangan pernah abaikan penampilan Anda karena penampilan merupakan bentuk dari penghargaan terhadap diri sendiri dan orang-orang yang Anda sayangi.

nadia meutia
About beautytime

A working at home mom, love staying at home, love dogs, love photography, and of course love my family. Masih mencari banyak orang yang mau diajarin cari duit lewat internet. Silahkan isi form di bagian bawah halaman ini ....

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring