Tips Porsi Buah dan Sayuran

Tahukah kamu kalau tubuh kita membutuhkan 5 porsi buah atau sayuran setiap harinya. Nah seberapa banyak takaran satu porsi itu ?? yuk cari tau supaya porsi makananmu seimbang, tidak kurang, tidak juga berlebihan.

Makanan seimbang merupakan makanan yang harus dimakan untuk memastikan tubuh badan seseorang berfungsi dengan normal. Makanan seimbang seharusnya memberikan kita tenaga. Harus mencukupi, karbohidrat, protein dan lemak secara optimum, kandungan fiber yang mencukupi dan kandungan bahan galian, vitamin dan asid lemak. Makanan yang memberi tenaga dapat menjaga badan, dan dapat menjauhi kita dari penyakit.

Ini dia jurus SATU PORSI :

  • 1 porsi = 150ml jus buah

Seberapapun banyaknya jus buah yang kamu minum dalam satu hari, tetap di hitung satu porsi. Karena ketika buah atau sayur di jus, seratnya akan hilang

  • 1 porsi = 80gr Kacang

Sama seperti jus, sebanyak apapun kacang yang kamu makan akan tetap di hitung 1 porsi, soalnya meskipun kacang-kacangan kaya serat, tapi tidak memiliki vitamin sebanyak buah dan sayur.

  • 1 porsi = 80gr Sayur

Sayur segar, kalengan atau beku, 1 porsi sama dengan 3 sendok makan

  • 1 porsi = 80gr Buah

Bisa berupa buah segar, kalengan, atau beku, satu porsi sama dengan buah yang berukuran segenggam tangan.

  • 1 porsi =80gr porsi salad

Satu porsi sama dengan ukuran mangkuk sereal.

 

ingat yaaa.. lengkapi kesehatanmu dengan 5 tips mengenai porsi makan-mu

 

sumber : aneka majalah

gambar : google

nadia meutia
About beautytime

A working at home mom, love staying at home, love dogs, love photography, and of course love my family. Masih mencari banyak orang yang mau diajarin cari duit lewat internet. Silahkan isi form di bagian bawah halaman ini ....

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring