Tips Membuat Bumbu Siap Pakai

bumbu siap pakai

bumbu siap pakai

Modal utama untuk membuat bumbu siap pakai, tentunya adalah grinder (blender yang khusus untuk melumatkan bumbu). Usahakan membuat bumbu siap pakai hanya untuk pemakaian sebulan, karena aroma dan rasa akan berubah setelah itu.

Selain masa, cara penyimpanan juga sangat berpengaruh terhadap keawetan bumbu tersebut. Cahaya, kelembaban dan panas merupakan musuh utamanya. Karena itu simpanlah di dalam wadah yang tertutup rapat dan letakkan di tempat yang sejuk dan gelap serta jauh dari kompor.

Untuk kunir, jahe, laos dan bumbu umbi-umbian lainnya, bakarlah dulu sebelum diblender. Aromanya akan makin kuat.

Anda bisa menyimpannya dalam bentuk tiap bahan (misanya bawang, cabai, kunir, lada, dsb), atau sudah campuran jadi bumbu siap pakai. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda suka sekali membuat ayam goreng, Anda bisa langsung membuat bumbu ayam goreng siap pakai.

Bumbu siap pakai lainnya, yang banyak digunakan adalah bumbu nasi goreng, kare, rawon, soto, dan lain-lain. Anda tak perlu membubuhi garam atau gula pada bumbu siap pakai yang akan disimpan. Taburkan pada saat memasak.

nadia meutia
About beautytime

A working at home mom, love staying at home, love dogs, love photography, and of course love my family. Masih mencari banyak orang yang mau diajarin cari duit lewat internet. Silahkan isi form di bagian bawah halaman ini ....

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring