Pentingnya Memperlihatkan Kasih Sayang


”SERING-SERINGLAH peluk mereka!” kata seorang profesor psikiatri anak kepada seorang wanita yang baru pertama kali menjadi ibu setelah melahirkan anak kembarnya. Ia meminta nasihat tentang cara terbaik membesarkan anak-anaknya. ”Kasih sayang harus diperlihatkan dengan berbagai cara,” sang profesor menambahkan, ”misalnya dengan pelukan dan ciuman, melalui ungkapan yang hangat, penuh pengertian, kebahagiaan, kemurahan hati, serta pemberian maaf dan, sewaktu diperlukan, melalui disiplin yang beralasan. Kita hendaknya tidak pernah berasumsi bahwa anak-anak kita tentunya tahu bahwa kita mengasihi mereka.”

Tiffany Field, direktur Touch Research Institute di University of Miami, Florida, AS, tampaknya setuju dengan saran di atas. ”Sentuhan mutlak perlu bagi pertumbuhan dan kesejahteraan seorang anak seperti halnya menu makanan dan gerak badan,” ia menegaskan.

Apakah orang dewasa juga membutuhkan ungkapan kasih sayang?

Ya. Psikolog klinik Claude Steiner menyimpulkan dari risetnya bahwa dukungan moral melalui perkataan dan perbuatan mutlak perlu bagi kesejahteraan emosi kita, tidak soal usia kita. Laura, seorang perawat yang mengurus sekelompok besar orang lansia mengatakan, ”Saya telah menyaksikan bahwa ungkapan kasih sayang sangat besar pengaruhnya bagi para lansia. Bila Anda memperlakukan mereka dengan baik hati dan menyentuh mereka, Anda memenangkan kepercayaan mereka dan mereka mengikuti petunjuk Anda dengan rela. Selain itu, perlakuan penuh kasih sayang demikian memperlihatkan respek terhadap martabat mereka.”

Semoga artikel ini menganjurkan kita agar memperlihatkan kasih sayang satu sama lain. Bila kebutuhan ini dipenuhi, manfaat fisik serta emosi bisa diperoleh. Jelaslah, ungkapan kasih sayang yang pantas dan tulus bukan cuma untuk anak-anak.

sumber : sedarlah

nadia meutia
About beautytime

A working at home mom, love staying at home, love dogs, love photography, and of course love my family. Masih mencari banyak orang yang mau diajarin cari duit lewat internet. Silahkan isi form di bagian bawah halaman ini ....

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring