Minyak untuk Pijat Payudara, Jangan Sembarangan…

Salah  satu cara yang bisa dilakukan  untuk  memperlancar  pemberian ASI  adalah  melakukan  pemijatan pada payudara. Tapi  para ibu  sebaiknya tidak  sembarangan menggunakan  minyak untuk memijat payudara.

Pemijatan pada payudara bisa membantu melancarkan saluran susu sehingga ASI yang mengalir lebih bebas dan membantu mengosongkan payudara. Kondisi ini akan memicu produksi ASI yang lebih banyak lagi.

Pijat ini juga  penting dalam menjaga  kesehatan payudara, karena  jika payudara tidak dipijat atau tidak mendapatkan stimulasi maka memicu terjadinya penumpukan cairan yang nantinya menyebabkan  masalah pada payudara seperti  payudara nyeri, dan bengkak.

Terapi pemijatan payudara ini sebaiknya menggunakan minyak alami yang aman untuk kesehatan. Untuk itu cek terlebih dahulu kandungan dalam minyak tersebut  apakah aman  untuk  bayi  atau  tidak  terutama  jika  tertelan.  Karenanya  dianjurkan menggunakan minyak alami yang khusus diperuntukkan bagi ibu menyusui.

Pemijatan yang dilakukan  setiap hari juga  berfungsi meningkatkan kadar  hormon oksitosin yang bisa membantu menenangkan dan membuat ibu rileks, sehingga secara otomatis ASI pun akan keluar.

Selain  itu  minyak alami  yang  digunakan untuk  pemijatan  juga bisa  membantu mengurangi rasa  sakit dan  pembengkakan pada  payudara yang  biasa terjadi pada ibu-ibu menyusui, serta  melembutkan kulit payudara  dan membuatnya tetap  sehat saat sudah tidak menyusui lagi.

Pemijatan bisa dilakukan setiap hari di kala mandi. Caranya antara lain :

Siapkan  peralatan yang  akan digunakan  seperti baskom  berisi air  hangat, minyak  alami  seperti  minyak  zaitun atau lainnya yang aman untuk bayi dan ibu menyusui,  waslap,  dan kapas.

  1. Bersihkan  daerah Tangan dan payudara  dengan waslap  air hangat.  Ratakan minyak  pada kedua tangan.  Minyak ini  untuk melenturkan  dan melembabkan  payudara saat dipijat
  2. Mulailah  memijat  dari  daerah  puting  dengan memberikan  gerakan  lembut  dan  halus,  setiap  tekanan  yang  diberikan  akan memperlancar aliran darah pembuluh limfatik
  3. Letakkan  satu tangan  di  bagian bawah  payudara  dan satu  tangan diatasnya, kemudian  lakukan gerakan  memutar dengan  telapak tangan  searah jarum jam.
  4. Lakukan pula gerakan  serupa berbalik arah atau berlawanan  Geser perlahan telapak tangan ke arah puting dengan sedikit diberi tekanan. Begitu pun bagian  dari bawah  payudara ke  arah puting.  Lakukan gerakan  tersebut masing-masing secara berulang dengan 12 hitungan hingga seluruh saluran susu terpijat.
  5. Selesai pemijatan, gunakan ujung jari dan ketuk-ketuklah payudara, agar sirkulasi darah lebih lancar. Bersihkan pula bagian puting dengan kapas air hangat, kemudian bersihkan  seluruh daerah payudara dengan  waslap basah kembali. Setelah itu, keringkan.
  6. Lakukan  pijatan secara teratur setiap harinya

Pakar ASI Dr.  Utami Roesli Sp.A.  dalam sebuah seminar  ASI mengungkapkan bahwa sesungguhnya  bukan   menyusui  yg   mengubah  bentuk   payudara,  tapi   proses kehamilanlah yg menyebabkan perubahan itu.

Demikian bagi para ibu yang mengharapkan payudaranya tetap indah saat menyusui,
selamat mencoba. ^_^

 
Sumber

nadia meutia
About beautytime

A working at home mom, love staying at home, love dogs, love photography, and of course love my family. Masih mencari banyak orang yang mau diajarin cari duit lewat internet. Silahkan isi form di bagian bawah halaman ini ....

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring