Memilih Kamera Digital

Resolusi tidak berarti hasil yang bagus.

Masih banyak masyarakat awam yang beranggapan bahwa semakin besar resolusi kamera, disebut dalam megapixel, maka akan semakin bagus kualitas foto yang dihasilkan.Hal ini tidak sepenuhnya benar. Jumlah pixel memang menjadi indikator terhadap kualitas foto, namun ukuran pixel dibandingkan besarnya ukuran permukaan sensor kamera adalah faktor yang lebih dominan dalam menentukan kualitas foto.

Itu berarti kamera pocket yang beresolusi 14 megapixel misalnya, tidak akan lebih baik kualitasnya fotonya bila dibandingkan kamera SLR yang hanya 8 megapixel namun memiliki bidang sensor yang jauh lebih besar. Selain itu, teknologi sensor juga turut berpengaruh terhadap kualitas foto yang dihasilkan.

Lupakan resolusi kamera. Seringkali itu hanyalah sekedar trik agar kita membayar lebih mahal :)

Saat ini, kamera DSLR dengan resolusi 6 Megapixel sudah cukup untuk mencetak ukuran foto 100cm x 150cm dengan kualitas majalah (300ppi). Saya yakin kebanyakan dari kita mencetak dibawah ukuran tersebut.

Fitur Kamera.

Hal lain yang patut diperhatikan dalam memilih kamera digital adalah jenis fotografi yang dilakukan, sehingga bisa mencari fitur kamera sesuai dengan kebutuhan. Misal, jika pemakaian kamera lebih banyak diluar ruangan, di lingkungan yang berdebu atau bahkan sering terkena cipratan air, maka sebaiknya pilih kamera yang tahan air & cuaca.

Sedangkan jika untuk kebutuhan sehari-hari atau travelling, pilihlah kamera yang ringan dan tidak terlalu besar. Kita tidak ingin pulang jalan-jalan trus pegal-pegal karena keberatan kamera kan?

Untuk kebutuhan fotografi olahraga ataupun jurnalisme, dimana kondisi lingkungan obyek foto kurang baik seperti ruangan yang terlampau gelap atau obyek yang bergerak sangat cepat, maka dibutuhkan kamera DSLR yang memiliki kinerja lebih baik, khususnya dalam hal Auto Focus.

Banyak kamera sekarang ini telah dirancang sangat ramah pengguna (user friendly), dimana tombol serta menu disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan untuk mengoperasikannya. kamera DSLR pemula seperti ini umumnya kecil, ringan beratnya dan juga lebih ringan harganya.

Jangan habiskan untuk kamera.

Mungkin kita punya anggaran yang cukup untuk membeli kamera yang lebih mahal, namun ingat, membeli kamera adalah membeli sebuah sistem, ada hal-hal lain yang kita butuhkan untuk membuat hasil foto kita lebih berkualitas, seperti lampu kilat tambahan, tripod, filter, dll, termasuk juga mungkin tempat penyimpanan yang baik seperti tas atau dry box. Kita tentunya tidak ingin barang yang kita beli mahal-mahal menjadi cepat rusak bukan?

Selamat memilih.

(disadur & diolah dari buku kamera DSLR itu mudah, penerbit Bukune)

nadia meutia
About beautytime

A working at home mom, love staying at home, love dogs, love photography, and of course love my family. Masih mencari banyak orang yang mau diajarin cari duit lewat internet. Silahkan isi form di bagian bawah halaman ini ....

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring