MASALAH RAMBUT

MASALAH RAMBUT YANG BIKIN PUSING

Rambut adalah Mahkota. Terkadang kita dibuat pusing dengan masalah rambut. Ini terjadi ketika sel-sel rambut rusak dan kita akan merasa tidak ada gunanya memakai aneka produk perawatan rambut. Yang harus dilakukan adalah merangsang sel-sel baru untuk tumbuh. Apa upaya kita agar sel-sel baru rambut kita untuk tumbuh? Yaitu Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi tepat untuk rambut.

Setiap permasalahan rambut memiliki asupan nutrisi yang berbeda. Nutrisi untuk rambut disesuaikan dengan kebuthannya, seperti yang dikutip dari Lifescript.

1. Rambut rapuh

Keratin merupakan bagian yang penting dalam pertumbuhan rambut. Rambut akan menadi rapuh apabila jumlah keratin berkurang. Hal ini bisa disegah dengan banyak mengkonsumsi protein. Karena protein merupakan sumber kertin yang paling penting. Dengan mengkonsumsi protein kekuatan rambut akan kembali.Adapun sumber protein yang baik untuk asupan nutrisi rambut adalah protein hewani seperti telur dan ikan. Telur dan ikan memiliki kandungan asam amini. Tetapi protein untuk nutrisi rambutpun bisa diperoleh dengan mengkonsumsi kacang-kacangan.

2. Ketombe

Masalah rambut yang hamper dialami ole semua orang adalah rambut berketombe. Hal ini mengakibatkan rasa gatal dan juga membuat rambut menjadi rapuh dan rontok. Dengan mengkonsumsi Omega 3 dapat meransang tubuh untuk memproduksi pelembab alami kulit termasuk kulit kepala tempat tumbuhnya rambut. Sehingga kulit kepala tidak kering dan masalah ketombe pun tidak terjadi. Omega 3 dapat diperoleh dengan mengkonsumsi  telur ayam, atau berbagai jenis ikan seperti mackarel, salmon dan tuna.

3. Rambut rontok

Masalah yang sering membuat orang stress adalah masalah rambut rontok. Terkadang kita merasa panic melihat helaian rambut banyak tersangkut disisir ataupun berjatuhan di lantai. Hal ini dapat disebabkan nutrisi yang kita konsumsi tidak sampai secara merata hingga ke rambut. Kurangnya sel darah merah menjadi penyebab utama dan membuat oksigen yang berfungsi untuk mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh menjadi berkurang.

Kiat untuk menambah sel darah merah dalam tubuh adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi alami seperti bayam, brokoli, sawi, kangkung dan sayuran berwarna hijau lainnya.

4. Rambut tipis

Rambut tipis karena diameter rambut kita kecil. Hal ini mengakibatkan rambut menjadi cepat rapuh dan patah. Sel-sel rambut harus diperkuat dengan mengkonsumsi Vitamin C karena mmbuat rambu menyerap zat besi lebih maksimal sehingga rambut menjadi tebak dan lebih kuat.

5. Pertumbuhan rambut lambat

Kurangnya mengkonsumsi Vitamin B kompleks akan mebuat rambut tumbuh sangat lambat. Vitamin ini terdiri dari fplat, biotin Vtamin B6 dan B12 akan merangsang sel pertumbuhan rambut. Vitamin B kompleks dapat diperoleh dari Asparagu, buah alpukat, kentang, hati sapid an gandum

6. Rambut rusak

Rambut rusak  terjadi karena  pemakaian bahan kimia berlebihan (obat keriting, cat rambut, dan lain-lain) serta penggunaan pengering rambut yang berlebihan. Sangat diperlukan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandunung mineral seperti zinc dan copper. Zinc berfungsi untuk mengembalikan jaringan rambut yang rusak, sedangnkan copper mampu mencegah timbulnya uban.

7. Rambut kering dan kusam

Seringkali penampilan terlihat kusam dikarenakan rambut yang kering dan kusam. Mengembalikan kelembaban alami rambut bisa dilakukan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari. tak hanya rambut yang akan terlihat lebih indah, kulit Anda pun akan terjaga kelembabannya.

 

nadia meutia

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring