Manfaat Berhenti Merokok

Katakanlah Anda seorang perokok jangka panjang. Apa manfaatnya bila Anda berhenti? Dua puluh menit setelah Anda berhenti merokok, tekanan darah Anda turun hingga normal. Seminggu kemudian, tubuh Anda bebas dari nikotin. Sebulan kemudian, berkuranglah batuk, hidung tersumbat, rasa lelah, dan napas terengah-engah. Setelah lima tahun, risiko Anda meninggal karena kanker paru pun merosot hingga 50 persen. Setelah 15 tahun, risiko Anda terkena penyakit jantung koroner merosot hingga setara dengan risiko orang yang sama sekali belum pernah merokok.

Makanan yang Anda santap terasa lebih nikmat. Napas, tubuh, dan pakaian Anda tidak akan berbau tak sedap. Anda tidak perlu lagi repot membeli tembakau. Anda merasakan kepuasan. Jika Anda punya anak-anak, teladan Anda akan mengurangi kemungkinan mereka menjadi calon perokok. Kemungkinan besar, Anda akan hidup lebih lama. Itu juga berarti kita membersihkan diri dari setiap pencemaran daging. Jangan merasa sudah terlambat untuk berhenti; semakin cepat Anda berhenti, semakin baik.
Mengapa Sulit Sekali Berhenti

Berhenti merokok memang sulit—bahkan bagi orang-orang yang bermotivasi tinggi. Alasan utamanya karena nikotin dalam tembakau adalah obat bius yang sangat mencandu. ”Dalam urutan sifat adiktif obat-obat psikotropika, nikotin terbukti lebih adiktif daripada heroin [dan] kokain,” kata WHO. Pengaruh nikotin tidak sedramatis heroin dan kokain, sehingga gampang disepelekan. Namun, perasaan euforia ringan yang dihasilkannya membuat orang-orang terus merokok agar dapat merasakannya lagi berulang-ulang. Nikotin memang mengubah suasana hati Anda; melipur kekhawatiran. Akan tetapi, rokok sebenarnya hanya mengurangi ketegangan yang justru dihasilkan oleh kecanduan nikotin itu sendiri.

Berhenti merokok juga sulit karena itu merupakan kebiasaan yang menjadi pola perilaku. Selain kecanduan nikotin, para perokok mengembangkan kebiasaan menyalakan rokok dan mengembuskan asapnya. ’Ini melibatkan tangan Anda.’ ’Ini menjadi pengisi waktu,’ kata beberapa orang.

Faktor ketiga yang mempersulit untuk berhenti adalah karena tembakau telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Industri tembakau mengeluarkan hampir enam miliar dolar setiap tahun untuk kampanye iklan yang melukiskan para perokok sebagai orang-orang yang mewah, aktif, sehat, dan cerdas. Sering kali, mereka tampak menunggang kuda, berenang, bermain tenis, atau melakukan kegiatan lain yang menarik. Film dan acara televisi menayangkan orang-orang yang sedang merokok—dan mereka ini tidak selalu penjahatnya. Tembakau dijual secara resmi dan tersedia hampir di mana saja. Kebanyakan dari kita selalu berada di dekat perokok. Anda tidak dapat lari dari pengaruhnya.

Kalau sakit kepala, Anda dapat minum aspirin, tetapi sayang sekali, tidak ada pil penawar hasrat merokok. Untuk berhasil menghentikan kebiasaan ini, seseorang harus punya motivasi. Seperti halnya menurunkan berat badan, dibutuhkan komitmen yang kuat untuk waktu yang lama. Si perokok bertanggung jawab untuk berhasil.

Kecanduan Sejak Muda
Sebuah penelitian di Amerika Serikat memperlihatkan bahwa 1 dari 4 orang muda yang mencoba-coba merokok akhirnya menjadi kecanduan. Ini serupa dengan tingkat kecanduan orang-orang yang bereksperimen dengan kokain dan heroin. Meskipun kira-kira 70 persen perokok remaja menyesal karena mulai merokok, hanya sedikit yang sanggup berhenti.

Ada Apa di Dalam Asap Rokok?
Asap rokok mengandung tar, terdiri dari 4.000 lebih bahan kimia. Empat puluh tiga di antaranya dikenal sebagai penyebab kanker. Ini mencakup sianida, benzena, metanol, dan asetilena (bahan bakar obor). Asap rokok juga mengandung nitrit oksida dan karbon monoksida, keduanya adalah gas beracun. Komposisi aktif utamanya adalah nikotin, obat bius yang sangat mencandu.

Membantu Orang yang Dikasihi untuk Berhenti
Jika Anda bukan perokok dan tahu bahayanya merokok, mungkin Anda merasa putus asa sewaktu sahabat dan orang yang Anda kasihi terus merokok. Bagaimana Anda dapat membantu mereka berhenti merokok? Merengek, memohon, memaksa, dan mengejek jarang berhasil. Menguliahi dengan nada merendahkan pun tidak. Bukannya berhenti, sang perokok mungkin meraih sebatang rokok untuk meringankan kepedihan emosi akibat taktik ini. Jadi, cobalah memahami betapa sulitnya untuk berhenti, dan bagi beberapa orang, hal ini mungkin jauh lebih sulit dibandingkan dengan orang lain.

Anda tidak dapat membuat seseorang berhenti merokok. Kekuatan batin dan keyakinan untuk berhenti harus datang dari diri sang perokok. Anda perlu mencari cara yang pengasih guna memberikan dukungan moril terhadap hasratnya untuk berhenti.

Bagaimana Anda dapat melakukannya? Pada waktu yang tepat, Anda dapat mengungkapkan kasih Anda kepada orang itu dan mengatakan bahwa Anda prihatin terhadap kebiasaan merokoknya. Jelaskan bahwa Anda siap mendukung keputusan apa pun untuk menghentikannya. Tentu saja, jika terlalu sering digunakan, pendekatan ini akan menjadi tidak efektif dan tidak berarti.

Apa yang dapat Anda lakukan jika orang yang Anda kasihi memutuskan untuk berhenti? Ingatlah bahwa ia mungkin mengalami gejala akibat menghentikan kebiasaan itu, yang mencakup mudah tersinggung dan depresi. Mungkin juga timbul masalah sakit kepala dan sulit tidur. Ingatkan orang yang Anda kasihi itu bahwa gejala-gejala ini hanya sementara dan merupakan tanda bahwa tubuhnya sedang menyesuaikan diri menuju tahap keseimbangan yang baru dan sehat. Bersikaplah ceria dan positif. Ungkapkan betapa bahagianya Anda melihat dia berhenti. Sepanjang masa penghentian itu, bantulah dia menghindari situasi penuh stres yang dapat membuatnya kambuh.

Bagaimana seandainya ia kambuh? Jangan bereaksi berlebihan. Perlihatkan keibaan hati. Pandanglah situasi itu sebagai pengalaman berharga bagi kalian berdua, sehingga pada upaya berikut kemungkinannya lebih besar untuk berhasil.

Sumber : Sedarlah

nadia meutia
About beautytime

A working at home mom, love staying at home, love dogs, love photography, and of course love my family. Masih mencari banyak orang yang mau diajarin cari duit lewat internet. Silahkan isi form di bagian bawah halaman ini ....

Comments

  1. Tpi sngt susah skali untuk mmbri thu /pngrtian kpd ayah sya. Sya mlah kna mrah oleh’y .

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring