Anak Tetap Bisa Vaksin Campak Lagi, Meski Imunisasi Sudah Lengkap

Meski sudah mendapatkan imunisasi secara lengkap, bayi dan anak Anda masih bisa mendapatkan imunisasi tambahan campak dan polio yang juga diberikan gratis oleh pemerintah. Imunisasi tambahan ini tidak akan mengurangi fungsi vaksin atau menyebabkan over dosis.

Pada 18 Oktober hingga 18 November mendatang, akan diadakan kampanye imunisasi tambahan campak dan polio serentak di 17 provinsi di Indonesia. Imunisasi tambahan gratis ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan terhadap seluruh bayi dan anak dari campak serta polio.

Kampanye imunisasi tambahan campak dan polio merupakan kegiatan imunisasi tambahan untuk memberikan imunisasi campak pada anak umur 9-59 bulan dan imunisasi polio pada anak umur 0-59 bulan, secara gratis tanpa melihat status imunisasinya.

“Bayi atau anak yang sudah pernah atau sudah lengkap imunisasinya tetap boleh mendapatkan imunisasi tambahan ini. Imunisasi tambahan ini tidak akan mengurangi fungsi vaksin sebelumnya atau menyebabkan over dosis. Anak yang sedang sakit ringan atau sedang minum obat saja boleh ikut, nggak ada masalah,” jelas Dr Soedjatmiko, SpA, Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, dalam acara jumpa pers di Gedung Kemenkes, Jumat (23/9/2011).

Dr Soedjatmiko menjelaskan, campak dan polio adalah berbahaya yang bisa menyebabkan kelumpuhan bahwa kematian. Tapi banyak masyarakat yang masih keliru dan menganggap penyakit ini biasa-biasa saja.

“Campak dan polio itu berbahaya dan sangat mudah menular. Nah, imunisasi adalah cara yang paling efisien dan efektif untuk mencegahnya,” jelas Dr Soedjatmiko.

Menurut Dr Soedjatmiko meski sudah diimunisasi, masih ada 15 persen kemungkinan bayi dan anak tertular virus campak. Bila ada 100 anak yang telah diimunisasi, maka 15 anak masih mungkin terkena campak.

“Tapi kalau sudah diimunisasi, penyakitnya akan lebih ringan dan tidak berbahaya. Inilah mengapa imunisasi tambahan diperlukan. Yang sudah imunisasi saja masih bisa kena, apalagi yang belum,” lanjut Dr Soedjatmiko.

Imunisasi tambahan campak akan diberikan di pos-pos Pelayanan Imunisasi yang ditentukan dan diberi tanda khusus yaitu Posyandu, Puskesmas Pembantu, Puskesmas atau sarana kesehatan lainnya secara gratis.

17 provinsi yang akan serentak mendapatkan kampanye imunisasi tambahan pada 18 Oktober-18 November 2011 adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat
Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, NTB dan Papua.

Sumber

nadia meutia
About beautytime

A working at home mom, love staying at home, love dogs, love photography, and of course love my family. Masih mencari banyak orang yang mau diajarin cari duit lewat internet. Silahkan isi form di bagian bawah halaman ini ....

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring