Alpukat Bikin Gemuk, Benarkah?

alpukat-shnewsdotco

Banyak orang, mungkin termasuk Anda, beranggapan bahwa mengkonsumsi buah alpukat bisa menggemukkan badan. Namun benarkah demikian? Buah alpukat ternyata kaya akan karbohidrat dan protein. Kandungan inilah yang membuat buah alpukat bisa dilunakkan menjadi makanan yang bagus untuk bayi yang mulai belajar mengkonsumsi makanan padat. Bagaimana dengan orang dewasa?

Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat di dalam buah alpukat.

1.      Protein

Buah alpukat memiliki 18 asam amino yang diperlukan oleh tubuh sehingga protein dalam alpukat bisa lebih mudah diserap oleh tubuh. Protein dalam buah ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan diet sehat tetapi tetap berenergi.

2.  Lemak Bermanfaat

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal hingga 20%. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Lemak tersebut merupakan lemak sehat, sehingga Anda tidak perlu khawatir tubuh menjadi gemuk. Karena justru asam lemak tak jenuh tersebut yang membantu metabolisme dan mengurangi keinginan makan berlebihan.

3.      Karotenoid

Karotenoid yang terkandung di dalam buah alpukat sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan  vitamin A yang ada di dalam karotenoid. Oleh sebab itu, buah buah alpukat juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata dan stamina Anda dan keluarga.

4.      Anti-inflamasi

Kombinasi kandungan gizi vitamin C, E, karotenoid, selenium, seng, potosterol, dan omega 3 asam lemak yang terdapat di dalam buah buah alpukat dapat membantu mencegah berbagai peradangan.

Dengan adanya 4 kandungan gizi tersebut, buah alpukat memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah :

  • Mencegah napas bau. Buah alpukat merupakan obat kumur alami yang mampu menghilangkan dekomposisi pada usus yang merupakan penyebab napas bau. Oleh sebab itu, konsumsilah buah buah alpukat untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu penampilan Anda.
  • Ekstrak minyak buah alpukat banyak digunakan untuk kecantikan. Misalnya sebagai bahan krim, pelembab, pembersih untuk mencegah penuaan. Ekstrak minyak buah alpukat juga digunakan pada shampo, kondisioner, dan tonik rambut. Namun, buah buah alpukat alami juga bisa dibuat sebagai masker apabila Anda tidak ingin menggunakan produk kimia.
  • Kandungan potasium dan folat dalam buah alpukat membantu menormalkan tekanan darah, mencegah penyakit peredaran darah, jantung dan stroke. Jadi, jangan ragu untuk menjadi sehat dengan mengonsumsi buah tersebut.
  • Buah alpukat mengandung asam oleat dan asam linoleat yang efektif menurunkan kolesterol LDL (kolesterol buruk) dan menaikkan kolesterol HDL (kolesterol baik).
  • Daging buah buah alpukat menyejukkan dan menenangkan permukaan dinding lambung dan usus yang sensitif. Kandungan nutrisi dan enzimnya membantu mengurangi borok.
  • Antioksidan dalam buah alpukat menetralisir radikal bebas sehingga membantu meningkatkan ketajaman penglihatan dan mencegah gangguan mata seperti astigmatisme, katarak, dan glaukoma.
  • Kandungan folat yang tinggi sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.
  • Potasium dalam buah alpukat mengurangi ekskresi kalsium pada urin sehingga menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.
  • Kandungan vitamin B6 membantu mengurangi mual pada ibu hamil.
  • Ekstrak minyak buah alpukat membantu menyembuhkan penyakit psoriasis.

Untuk mengoptimalkan manfaat dari buah alpukat, hindari pemakaian gula tambahan dan susu kental manis yang biasa dicampurkan ketika menyantap alpukat. Mengapa demikian? Karena penambahan gula dan susu tersebut malah membuat anda menjadi gemuk.

Jadi, masihkah Anda beranggapan bahwa mengkonsumsi buah alpukat bisa membuat gemuk? Tentu saja tidak.

 

Semoga bermanfaat :)

*dari berbagai sumber

photo : google – shnews.co

nadia meutia

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring