Akibat Fatal dari Kelelahan

Kelelahan akibat jam kerja yang panjang dan pengurangan jumlah personel konon turut menyebabkan beberapa bencana terburuk pada akhir abad ke-20. Antara lain bencana nuklir di Chernobyl, Ukraina; ledakan pesawat ulang-alik Challenger; dan tumpahan minyak yang menghebohkan sewaktu kapal tanker Exxon Valdez menghantam karang di Prince William Sound, Alaska.
Ledakan di Chernobyl terjadi selama tes khusus di pusat pembangkit listrik itu. Dalam bukunya The 24-Hour Society, Martin Moore-Ede mengatakan bahwa tes itu ”sedang dilakukan di bawah pengawasan sebuah tim insinyur listrik yang sangat kelelahan karena sudah berada di pembangkit listrik itu selama setidaknya tiga belas jam, dan mungkin lebih lama karena penundaan sepuluh jam untuk memperoleh izin mulai”. Apa pun kasusnya, menurut studi baru-baru ini, salah satu dampak jangka panjang dari radiasi tersebut adalah peningkatan sepuluh kali lipat kasus kanker tiroid di antara anak-anak Ukraina sejak tahun 1986.

Setelah suatu penyelidikan yang saksama tentang ledakan pesawat ulang-alik Challenger, sebuah laporan yang disusun oleh sebuah komisi presiden menyatakan bahwa batas lembur 20 jam dilanggar 480 kali oleh sebuah kelompok pekerja kontrak dan 2.512 kali oleh kelompok yang lain. Laporan itu menambahkan bahwa kelelahan di pihak pengelola, akibat ”jam kerja yang tidak teratur serta kurang tidur selama beberapa hari”, juga menjadi faktor penyebab dikeluarkannya izin yang sembrono bagi meluncurnya pesawat itu. Laporan itu mengamati bahwa ”bila waktu lembur berlebihan, efisiensi pekerja menurun dan potensi human error meningkat”.

Menurut petugas serikat pelaut, pengurangan awak, yang dimaksudkan untuk mengurangi biaya operasi, membuat para pelaut di Exxon Valdez harus bekerja lebih lama dan melakukan tugas ekstra. Sebuah laporan tentang musibah itu menjelaskan bahwa petugas dek ketiga, yang bertanggung jawab atas kapal itu sewaktu berlayar persis setelah tengah malam, belum tidur sejak dini hari. Hampir 11 juta galon minyak—kasus minyak tumpah terbesar dalam sejarah AS—mengakibatkan kerusakan yang mengerikan pada pantai serta satwa liar dan memakan biaya 2 miliar dolar AS lebih untuk pembersihan.

Sumber : Sedarlah Agustus 2001

nadia meutia
About beautytime

A working at home mom, love staying at home, love dogs, love photography, and of course love my family. Masih mencari banyak orang yang mau diajarin cari duit lewat internet. Silahkan isi form di bagian bawah halaman ini ....

Speak Your Mind

Post Popularity Graphing by Knowledge Ring